Budaya baca Jurnal

Ada satu budaya bagus di tempat saya belajar sekarang, yaitu budaya membaca jurnal Internasional. Tentu saja jurnal yang dibaca adalah jurnal yang berkaitan dengan bidang profesi kami. Jurnal yang akan dibaca ditentukan secara bersama. Semua anggota lab mendapat jatah untuk membaca jurnal, tanpa kecuali dari profesor, staf pengajar, residen, dan mahasiswa seperti saya ini. Jadwal membaca jurnal pun sudah ditentukan, setiap kali membaca jurnal ada 4 paper yang harus dibaca pada saat konferensi sore. Konferensi sore dilaksanakan seminggu sekali. Setelah paper-paper dipresentasikan dilanjutkan dengan diskusi singkat tentang paper-paper tersebut.

Saya merasakan adanya atmosfer akademis yang kental dalam budaya baca jurnal tersebut, semua member diperlakukan sama, dalam diskusi pun semua anggota secara bebas dapat mengemukakan pendapatnya tanpa ada rasa sungkan baik terhadap senior maupun profesor. Semua dalam rangka belajar bersama-sama.

Saya rasa banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan budaya baca jurnal tersebut, yang pertama mengasah kemampuan kita untuk berbahasa Inggris dalam memahami paper-paper tersebut dan yang jelas update pengetahuan terbaru di bidang profesi kita. Jadi tak ada salahnya budaya baca jurnal itu kita terapkan di tempat kita, karena yang dibutuhkan cuma niat dan konsistensi.

NB: sedang belajar untuk baca jurnal karena minggu depan adalah giliran saya